19
Mei

Berapa biaya desain interior?

Desain interior merupakan salah satu bagian penting dalam merencanakan sebuah ruangan, sebuah fasilitas dan memfungsikan suatu ruang atau lahan. Desain interior bukan hanya sebatas gambar 3D saja akan tetapi perencanaan yang matang, memastikan semua komponen dapat terlaksana dengan baik menggunakan teknik pengerjaan yang tepat pula. Berapa biaya desain interior? inilah pertanyaan yang biasanya terlontar langsung dari calon klien ketika pertama kali berbicara by phone maupun dalam sebuah meeting. Jujur saja, sebenarnya agak canggung jawabnya karena pertanyaannya juga memang absurd. Belum tau besar bangunannya, ngerjain apa aja dan tingkat kerumitan konsep ruangannya sudah ditanya berapa biayanya? hehe.. bener kan?

Nah, untuk menjawab pertanyaan berapa biaya desain interior tersebut, berikut kami informasikan beberapa faktor yang akan membantu menjawabnya.

  1. Ruangan apa saja yang akan dikerjakan?  kitchen kah? living room kah? interior toko kah?
  2. Sejauh mana kerumitan konsep ruangan tersebut? mungkin kalo untuk kitchen, living room atau ruangan residensial lainnya konsep tidak begitu rumit. Namun untuk pembuatan konsep interior toko, kantor, showroom, ruko, dan lain lain biasanya lebih rumit karena desainer tidak hanya harus mengeksplore ide dan konsep baru tapi juga harus memastikan semua desainnya dapat diimplementasikan dengan teknik pengerjaan yang tepat, penggunaan material yang mudah didapat dan mudah dirawat atau mudah ada penggantinya, dan lain sebagainya. hehe.. ga gampang lho!
  3. Total luas ruangan atau bangunan yang didesain. Mendesain satu ruangan saja mungkin akan terasa lebih mahal ketimbang beberapa ruangan sekaligus karena biasanya desainer memiliki standar minimum charge untuk klien. Contoh: Sebuah bangunan rumah tinggal dengan 3 kamar 2 living room 1 kitchen total menjadi 6 ruangan, per satu ruangan dibuatkan 3 view perspektif. Total biaya desain lengkapnya sebesar 5juta.

Total luas ruangan: Kamar Utama 6x3m=18m², Kamar anak (4x3m=12m²)x2 kamar, Living Room 5x5m=25m², Kitchen 5x3m=15m², Total luas yang didesain ±82m² biaya sebesar 5juta, artinya bisa disimpulkan biaya desain per ruangan ±Rp. 833,000,-/ruangan atau ±Rp. 61,000,-/m². Nah, jika klien hanya menginginkan didesainkan 1 atau 2 ruangan saja biasanya si desainer akan menerapkan minimum charge, misal 2juta per ruangan. Jika mendesain 2 ruangan berarti 4juta. Hmm…lebih mahal kan?

4. Konsep perhitungan desain. Setiap desainer biasanya memiliki prinsip hitungan yang berbeda, ada yang menggunakan per meter. ada yang menggunakan per view, ada juga yang menggunakan prosentase dari nilai pengerjaan fisik proyeknya.

  • permeter persegi atau meter lari berkisar antara Rp. 50,000,-/m² s.d Rp. 1,000,000,-/m² tergantung pengalaman atau portfolio desainer tersebut dan kerumitan konsep desain yang diminta.
  • per view berkisar antara Rp. 300,000,- s.d Rp. 800,000,- tergantung banyaknya ruangan dan jumlah view yang diminta. Biasanya semakin banyak bisa semakin murah.
  • prosentase dari nilai pengerjaan fisik proyeknya berkisar antara 1%-5% dari nilai proyek yang disetujui. Semakin besar nilai proyek biasanya semakin kecil prosentase yang diberlakukan.

Apa saja biasanya yang didapat oleh klien?

  • 3D Perspektif
  • Gambar kerja
  • BQ(Bill of Quantity) atau RAB(Rencana Anggaran Belanja)

Bagaimana proses kerjanya?

  1. Klien bertemu dengan desainer, melakukan brief ttg konsep desain yang klien inginkan
  2. Survei lokasi & pengukuran
  3. Desainer mengajukan penawaran berdasarkan hasil brief dan survei, negosiasi dan jika OKE maka lanjut
  4. Klien memberikan uang muka untuk pengerjaan desain sesuai kesepakatan, Desainer mengerjakan sesuai deadline.
  5. Klien berhak mengajukan revisi dengan jumlah revisi maksimal yang disepakati, umumnya 3x revisi. Jika lebih dari 3x maka revisi ke 4 akan dikenakan charge tambahan sesuai kesepakatan
  6. Setelah desain FINAL, maka desainer akan membuat draft BQ atau RAB yang berisi rincian biaya material dan upah kerja berdasarkan desain tersebut. Tentunya BQ tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya jika dikerjakan oleh kontraktor desainer itu sendiri maupun kontraktor lain yang ditunjuk oleh klien.
  7. Proses selanjutnya adalah pelaksanaan pekerjaan fisik.

Nah, itulah sedikit informasi untuk menjawab pertanyaan Berapa biaya desain interior?  Berapa harga jasa desain interior? Berapa biaya jasa desain interior? sama saja pertanyaan dan jawabannya hehe..

Selanjutnya, jika anda masih bingung silahkan hubungi kami via whatsapp di sini 

Cek portfolio kami di sini  

atau langsung hubungi kami di 089667765776